No module Published on Offcanvas position

Tentang Program Studi

Amira  
Dr. dr. Amira P Tarigan ,M.Ked(Paru), Sp.P(K), FISR Dr. dr. Noni Novisari Soeroso,M.Ked(Paru), Sp.P(K), FISR

Ketua Departemen 

Ketua Program Studi 

   
dr. Andika Pradana, M.Ked(Paru), Sp.P(K) dr. Syamsul Bihar, M.Ked(Paru), Sp.P(K), FISR

Sekretaris Departemen

Sekretaris Program Studi

Sasaran dan Strategi Pendidikan Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi 

Tujuan Prodi Pulmonologi & Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara yang telah ditetapkan di atas dan berdasarkan hasil Evaluasi Diri Prodi Pulmonologi & Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara 2019 dijabarkan dalam sembilan sasaran strategis, yaitu:

  1. Terbangunnya komitmen yang kuat untuk mewujudkan visi.
  2. Terbangunnya sistem tata laksana good faculty governance yang mendapat pengakuan internasional secara berkesinambungan.
  3. Terselenggaranya penelitian dan penulisan hasil kerja sama internasional serta pemerolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
  4. Terlaksananya sistem pembelajaran berkualitas internasional yang berakar pada keungggulan lokal yang semakin baik.
  5. Terciptanya keunggulan akademik berbasis kedokteran tropis dan onkologi toraks pencegahan yang berstandar nasional dan internasional.
  6. Terselenggaranya pengelolaan berbasis sistem informasi dan teknologi informasi yang semakin baik dan terintegrasi.
  7. Terinternalisasinya karakter BINTANG pada seluruh civitas academica dan tenaga kependidikan;
  8. Terinternalisasinya budaya empati dan pengabdian kepada masyarakat; dan
  9. Terciptanya civitas academica dan tenaga kependidikan yang mampu bersaing dalam tataran
 

PROFIL PROGRAM STUDI

  1. 1.1.Latar Belakang

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI, merupakan acuan untuk pembangunan sumber daya manusia dan tenaga kerja Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI saat ini mulai gencar disosialisasikan di kalangan perguruan tinggi, implementasi KKNI ditargetkan tahun 2016, yakni penyetaraan antara kualifikasi lulusan dengan kualifikasi KKNI. KKNI akan menjadi rujukan dalam kurikulum dan penjaminan mutu pendidikan, untuk itu, capaian belajar lulusan dari proses pendidikan harus mengacu pada KKNI. Setiap level kualifikasi pada KKNI memiliki kesetaraan dengan capaian pembelajaran yang dihasilkan melalui pendidikan, pelatihan kerja dan pengalaman kerja. Misalnya saja program pendidikan spesialis 1 (Sp-1) setara dengan level 8. Dengan adanya KKNI, pengakuan kualifikasi tidak mengacu pada pendidikan semata, tetapi juga pelatihan dan pengalaman kerja. Nantinya diperlukan adanya sertifikasi kompetensi.

Pelaksaan KKNI melalui 8 tahapan yaitu melalui penetapan Profil Kelulusan, Merumuskan Leraning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka Kurikulum, Penyusunan Rencana Perkuliahan. Kompetensi adalah akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanan suatu deskripsi kerja secara terukur melalui asesmen yang terstruktur, mencakup aspek kemadirikan dan tanggung jawab individu pada bidang kerjanya.Dalam KKNI kompetensi dirumuskan ke dalam istilah capaian pembelajaran, capaian pembelajaran (learning outcomes) merupakan internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Deskripsi capaian pembelajaran dalam KKNI, mengandung 4 (empat) unsur, yaitu unsur sikap dan tata nilai, unsur kemampuan kerja, unsur penguasaan keilmuan, dan unsur kewenangan dan tanggungjawab. Dengan terbitnya Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) rumusan capaian pembelajaran tercakup dalam salah satu standar yaitu Standar Kompentensi Lulusan (SKL).

Dalam SNPT capaian pembelajaran terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Unsur sikap dan keterampilan umum telah dirumuskan secara rinci dan tercantum dalam lampiran SNPT, sedangkan unsur keterampilan khusus dan pengetahuan harus dirumuskan oleh forum program studi sejenis (KOLEGIUM) yang merupakan ciri lulusan program studi tersebut. Rumusan capaian pembelajaran setiap jenis program studi ditetapkan oleh Dirjen DIKTI setelah melalui kajian tim pakar yang ditunjuk. Berdasarkan rumusan “capaian pembelajaran” tersebut kurikulum suatu program studi disusun.

Program studi Spesialis 1 (Sp1) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK USU telah berdiri sejak tahun 1952, yang memfokuskan pendidikan berkaitan dengan penyakit paru. Sampai saat ini program studi Pulmonlogi dan Kedokteran Respirasi FK USU telah meluluskan 116 orang spesialis paru yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, program studi bertanggungjawab mempersiapkan peserta didik untuk mampu memenuhi tujuan dan arah pendidikan berkaitan dengan penyakit paru, menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kompetensi yang diharapkan dapat bertugas di tempat kerjanya masing-masing dengan kinerja yang baik dan memuaskan.

Program studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK USU sebagai salah satu institusi Pendidikan Tinggi dituntut untuk dapat mengikuti perubahan yang telah ditetapkan oleh DIKTI, dan salah satu wujud perubahan tersebut adalah dengan dilaksanakannya evaluasi kurikulum.

  1. 1.2.Tujuan Program Studi

Program studi Spesialis 1 (Sp.1) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK USU adalah menghasilkan seorang dokter spesialis paru dan pernapasan yang mampu memberikan pendidikan, penelitian dan pelayanan kedokteran spesialistik yang beretika sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu seorang spesialis paru juga harus memiliki ciri-ciri :

  1. Mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu penyakit paru dan pernapasan serta mampu bertanggung jawab dalam pengamalan ilmunya untuk menanggulangi masalah penyakit paru dan pernapasan pada masyarakat.
  2. Mampu melaksanakan pendidikan dan penelitian dalam bidang ilmu penyakit paru dan pernapasan.
  3. Mampu mengembangkan diri untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan & teknologi di tingkat Asia Pasifik.

Visi Program Pendidikan Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

Mewujudkan Program studi Pulmonologi & Kedokteran Respirasi FK USU menjadi institusi penyelenggara pendidikan yang bermutu pada tahun 2024, menuju centre of excellence kedokteran tropis dan onkologi toraks pencegahan di Asia Tenggara dalam mendukung visi Universitas Sumatera Utara menjadi lembaga pendidikan dengan bidang unggulan kompetitif TALENTA.

 

Misi Program Pendidikan Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

Untuk mewujudkan visinya, Program Studi Pulmonologi & Kedokteran Respirasi FK USU menetapkan misi seperti yang tertuang dalam statuta USU sebagai berikut:

  1. Meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan konsisten, efektif dan efesien, serta sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran paru dan pernapasan, dengan tatakelola organisasi (good faculty governance) dan sistem penjaminan mutu yang baik.
  2. Menghasilkan lulusan yang menjadi pelaku perubahan sebagai kekuatan modernisasi dalam kehidupan masyarakat luas, yang memiliki kompetensi keilmuan, relevansi, dan daya saing yang kuat serta berperilaku kecendekiawanan yang professional dan beretika dalam bingkai inter professional education/ collaboration (IPE/ IPC).
  3. Mewujudkan kepemimpinan publik melalui kebermanfaatan penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang memberi dampak pada epidemiologi terutama penyakit-penyakit tropis dan onkologi toraks, pencegahan, yang berorientasi produk dan pengembangan keilmuan.
  4. Mewujudkan prodi yang mandiri dan profesional dalam pengelolaan dan pengembangan institusi serta membangun kerjasama dengan institusi lain yang berada di dalam maupun luar negeri terutama di bidang kedokteran tropis dan onkologi toraks pencegahan.

 

 

Tujuan Program Pendidikan Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

Dalam rangka mencapai visi dan menjalankan misi dirumuskan tujuan yang harus dicapai Program Studi Pulmonologi & Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, yaitu:

  1. Menghasilkan dokter paru bermutu yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni, berdasarkan moral, agama, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni dalam lingkup nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar masyarakat mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan.
  4. Mewujudkan kemandirian yang adaptif, kreatif, dan proaktif terhadap tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan, baik secara nasional maupun secara internasional.
  5. Meningkatkan mutu manajemen pembelajaran secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan dan kerja sama nasional dan internasional;
  6. Menjadi kekuatan moral dan intelektual dalam membangun masyarakat madani Indonesia, dan
  7. Mengembangkan potensi peserta program dokter spesialis agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan.

 

 

Page 3 of 3