PIKM Dan PTTG USU 2016 Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Bidang Ilmiah dan Non Ilmiah

Medan-USU: “Momentum kali ini bukan hanya sebagai seremonial belaka melainkan menjadi momentum yang sangat berharga, dimana mahasiswa menunjukkan kreatifitas dan perstasinya. Kegiatan Kreatifitas Mahasiswa adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan kehidupan teknologi kepada masyarakat” demikian seperti diungkapkan Staf ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Ir Aspan Sofian Batubara ketika memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pameran Ilmiah dan Kreatifitas Mahasiswa (PIKM) tahun 2016 yang berlangsung pada (18– 9/10) di Pendopo USU. 

PIKM 2016 3Husni SH MHum selaku ketua Panita PIKM itu mengatakan bahwa tujan diselenggarakannya PIKM pada setiap tahunnya adalah untuk menumbuhkan sikap, karakter dan minat mahasiswa sekaligus meningkatkan kemampuan mahasiswa baik dibidang ilmiah maupun non ilmiah melalui peningkatan ilmu pengetahuan, teknologi dan kewirausahaan. Demikian disampaikan M. Husni. 

PIKM 2016 1Dijelaskannya, bahwa PIKM tahun ini merupakan PIKM yang telah terselenggara untuk kesembilan kalinya. “Kegiatan Pameran Mahasiswa ini untuk pertama kalinya dilaksanakan pada tahun 2008 yang silam. PIKM yang terselenggara pada saat ini merupakan PIKM yang kesembilan kalinya. PIKM kali ini diisi oleh berbagai kegiatan Pameran Karya Ilmiah, pameran ilmiah dan fotografi. pengabdian pada masyarakat, Expo UKM USU, pentas seni, perlombaan seni tari maupun seni suara seperti Musik Akustik dan perlombaan Stand up Comedy” demikian ungkap M. Husni.

PIKM 2016 4Bukan hanya mahasiswa USU, PIKM pada tahun 2016 ini juga diikuti oleh mahasiswa dari luar USU seperti mahasiswa dari Politeknik Negeri Medan dan STT Harapan Medan. Berdasarkan data yang dihimpun oleh awak media usu.ac.id melalui panitia bahwa jumlah peserta ; fotografi 9 peserta, Pengadian Pada Masyarakat 4 peserta, Stand up Comedy 13 peserta, Pameran Poster 34 peserta dan Stand Bazar 48 peserta. 

PIKM 2016 5Tampak hadir dalam pembukaan PIKM tersebut Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung SH MHum, Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati MS, Wakil Rektor II USU Dr dr M. Fidel Ganis Siregar MKed(OG) SpOG (K). Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU Dra Hindun Pasaribu, berberapa perwakilan sponsor seperti dari; BCA, Tanoto Foundation, bank Mandiri, bank BTN, bank Sumut dan bank BNI.

PIKM 2016 6Dalam sambutannya, Rektor USU Prof Runtung mengatakan bahwa kegiatan PIKM ini dapat menumbuhkan semangat bagi mahsiswa untuk berkarya baik dalam bidang ilmiah dan seni dan sastra. “Dengan kegiatan pameran ini kami melihat bahwa akan menumbuhkan semangat mahasiswa untuk berkarya baik dibidang ilmiah, seni dan sastra. Hal ini juga memberi manfaat yang besar bagi peningkatan Akreditasi baik bagi Program Studi maupun Universitas, karena salah satu kriteria penilainannya adalah dari seberapa banyak angka mahasiswanya meraih juara baik ditingkat nasional maupun internasional” Demikian ungkap Prof. Runtung.

 

Pameran Teknologi Tepat Guna (PTTG)

PIKM 2016 2Bukan hanya PIKM, Pameran Teknologi Tepat Guna (PTTG) 2016 yang dilaksanakan pada keesokan harinya (20/10) diPendopo USU adalah juga merupakan wadah pameran dari hasil karya Ilmiah mahsiswa USU dan luar USU. Seperti yang dijelaskan oleh ketua PTTG 2016 Imam bagus Sumantri S. Farm, Apt bahwa pada tahun ini PTTG 2016 diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari mahasiswa USU dan mahasiswa Politeknik Negeri Medan.

 

Berdasarkan pantauan awak media usu.ac.id bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan PTTG tersebut melalui stand–stand pameran yang ada antara lain; Baperan imo, Petik canting, Inkubator bisnis teknologi USU, Schneider team, UKM Robotik Sikonek, Imateta USU, Fisika FMIPA USU, Pupuk hayati Avugusi, karya anak farmasi, Karya mahasiswa Politeknik negeri Medan dan lain sebagainya.

 

Acara PIKM dan PTTG 2016 merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU. “PIKM dan PTTG 2016 merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh BKK USU. Pada tahun ini kegiatan PIKM 2016 didukung oleh beberapa sponsor seperti BCA, Tanoto Foundation, bank Mandiri, bank BTN, bank Sumut dan bank BNI”. Demikian seperti yeng diungkapkan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU Dra Hindun Pasaribu ketika akan mengumumkan nama–nama peserta lomba pada kegiatan PIKM dan PTTG 2016 sekaligus menutup secara resmi kegiatan tersebut. (Humas/Andi).